Kesalahan Memakai Deodoran Ini Penjelasannya

Kesalahan Memakai Deodoran Ini Penjelasannya

Memakai deodoran menjadi salah satu solusi praktis untuk mencegah bau badan. Tapi tak sedikit orang yang masih merasa aroma tubuhnya kurang sedap, atau bahkan mengalami gatal-gatal hingga iritasi di kulit sekitar ketiak. Jika itu yang terjadi setiap kali Anda memakai deodoran, mungkin ada yang salah dengan pemakaiannya. Ahli bedah kosmetik Mark Malek M.D., menjelaskan lima kesalahan yang umum dilakukan orang saat memakai deodoran, seperti dikutip dari Women’s Health.

  1. Memakai Produk yang Salah
    Banyak orang salah mengartikan deodoran sebagai produk yang menjaga ketiak tetap kering. Padahal, ada produk khusus yang bisa melakukan itu. Deodoran dan antiperspirant adalah produk yang berbeda jadi gunakan sesuai kebutuhan. Perbedaan mendasar dari dua produk ini adalah kandungan aluminum chloride, bahan yang biasa digunakan untuk menghalangi keluarganya keringat.
    Jika yang Anda perlukan hanya mencegah bau badan, memakai deodoran saja sudah cukup. Lain halnya apabila Anda berkeringat cukup banyak dan ingin menjaga ketiak agar tidak basah. “Kalau keringat Anda keluarnya sangat banyak, memakai antiperspirant lebih baik.
  2. Memakai di Waktu yang Salah
    Jika ingin hasil yang maksimal, sebaiknya perhatikan produk yang Anda gunakan, apakah termasuk deodoran atau antiperspirant. Mark mengatakan, deodoran lebih baik digunakan pada pagi hari sedangkan antiperspirant di malam hari.
    “Deodoran bisa dipakai kapan saja, tapi malam adalah waktu paling baik untuk memakai antiperspirant, ketika keringat Anda tidak keluar terlalu banyak,” kata dokter yang berbasis di Arizona, Amerika Serikat ini.
    Saat digunakan di malam hari, antiperspirant akan lebih terserap ke dalam kulit sehingga fungsi mencegah keringatnya lebih maksimal pada siang hari.
  3. Memakai Kurang Banyak
    Satu usapan belum tentu cukup untuk mencegah bau badan atau keringat berlebih. Terkadang Anda perlu mengusapkannya dua hingga tiga kali agar produk berfungsi lebih maksimal. “Anda harus menutupi kelenjar keringat secara menyeluruh.
  4. Memilih Produk yang Wangi
    Beberapa orang mengalami gatal-gatal atau iritasi setelah memakai deodoran atau antiperspirant. Jika itu terjadi pada Anda, bisa jadi kulit Anda sensitif. Wanita yang menderita eksim atau kulitnya terlalu sensitif sebaiknya menghindari produk yang mengandung wewangian. Parfum berpotensi mengiritasi kulit. Sebelum memakai produk di ketiak, sebaiknya coba lebih dulu di pergelangan tangan atau pilih yang tidak mengandung parfum agar lebih aman.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *