fbpx

Penyebab Ketiak Gatal dan Solusinya

Ketiak gatal merupakan masalah yang sepele namun dapat sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Bagaimana tidak, ketika sedang bertemu dengan orang-orang di sekitar, Kamu tentu akan merasa gengsi jika harus terus-menerus menggaruk kulit ketiak yang terasa gatal. Tak hanya membuat dirimu sendiri merasa kurang nyaman, orang yang melihatnya juga akan merasa tidak nyaman. Dalam jangka panjang, masalah yang terkesan remeh ini bisa jadi justru ikut memengaruhi kehidupan sosialmu. Rasa gatal pada ketiak pada dasarnya tidak muncul begitu saja. Ada beberapa faktor penyebab ketiak gatal yang perlu Kamu tahu.

Tanpa Kamu sadari, beberapa kebiasaan yang mungkin dilakukan sehari-hari ternyata bisa menjadi pemicu timbulnya rasa gatal di area ketiak. Yuk, kenali lebih dalam beberapa faktor penyebab ketiak gatal berikut ini agar kamu bisa lebih bijak untuk menghindarinya.

  1. Tidak Menjaga Kebersihan Area Ketiak
    Ketiak adalah bagian tubuh yang banyak memproduksi keringat. Kondisi ini membuat area ketiak lebih banyak dipenuhi bakteri penyebab bau badan dan gatal. Apabila Kamu kurang memperhatikan kebersihan area ketiak, bukan tidak mungkin Kamu akan merasakan gatal yang tak tertahankan. Mandi yang kurang bersih atau penggunaan baju yang berulang kali tanpa dicuci juga bisa menjadi penyebab lain timbulnya rasa gatal di ketiak. Itu sebabnya, menjaga kebersihan diri dan pakaian juga penting dilakukan agar Kamu terhindar dari masalah ketiak gatal.
  2. Penggunaan Deterjen yang Terlalu Keras
    Sudah rutin mencuci baju hingga bersih dengan deterjen, tapi kok kulit ketiakmu kerap masih merasa gatal saat menggunakan pakaian? Jika hal itu terjadi, maka masalah bisa jadi berada pada deterjen yang Kamu gunakan untuk mencuci. Kemungkinan besar, deterjen yang dipakai mengandung bahan kimia terlalu keras. Karena pakaian akan menempel langsung pada kulit ketiak, penggunaan deterjen yang terlalu keras bisa ikut menimbulkan reaksi alergi pada kulit dan membuatmu merasa gatal.
  3. Proses Mencukur yang Kurang Tepat
    Mencukur bulu ketiak juga bisa menjadi penyebab gatal di ketiak. Penggunaan pisau cukur yang tumpul atau pencukuran yang kurang bersih misalnya, bisa menimbulkan iritasi dan mengakibatkan ketiak gatal. Agar proses mencukur berjalan dengan lancar dan tidak menyebabkan rasa gatal, cobalah menggunakan pisau cukur yang tajam. Kamu juga sangat disarankan untuk selalu menggunakan gel cukur agar semua bulu ketiak terpangkas rata dan mengurangi risiko iritasi.
  4. Infeksi Ragi Candida
    Selain dari kebiasaan sehari-hari, rasa gatal yang muncul terus-menerus di ketiak juga bisa disebabkan adanya paparan jamur atau ragi yang biasa disebut Candida. Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan ragi secara berlebihan di bagian kulit yang lembap. Pada umumnya, kondisi ini sering dialami oleh orang yang ketiaknya selalu basah. Pertumbuhan ragi yang tak terkendali lama kelamaan berubah menjadi infeksi dan dapat menyebabkan ketiak terasa gatal.
  5. Penggunaan Deodoran Berbahan Keras
    Tidak hanya deterjen saja yang dapat memicu gatal di ketiak, deodoran yang Kamu pakai sehari-hari juga bisa memicu munculnya rasa gatal. Adapun deodoran yang bisa mengakibatkan rasa gatal di ketiak adalah yang mengandung alkohol dan bahan-bahan kimia keras. Kalau Kamu memiliki jenis kulit sensitif, seperti para remaja misalnya, sebaiknya selalu gunakan deodoran yang dirancang bebas alkohol seperti Deodoran dari SR12 engan begitu, risiko iritasi yang dapat menyebabkan kulit ketiak gatal dapat diminimalisir.
  6. Miliaria Rubra
    Miliaria rubra adalah kondisi sejenis biang keringat yang biasa terjadi di area ketiak. Bila Kamu mengalami kondisi ini, kulit akan mengalami peradangan karena keringat terperangkap di permukaan kulit. Gejalanya ditandai dengan munculnya bintik atau ruam merah yang disertai dengan rasa gatal tak tertahankan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *